Tujuan, Fungsi dan Contoh Public Relations

Tujuan, Fungsi dan Contoh Public Relations

Tujuan, Fungsi dan Contoh Public Relations

Tujuan, Fungsi dan Contoh Public Relations

Tujuan Universal Public Relatios

Public Relations memiliki tujuan yang universal diantaranya, yaitu :

  1. Menciptakan public understanding(pengertian publik). Pengertian belum berarti persetujuan/penerimaan, dan persetujuan belum berarti penerimaan. Di sini public memahami organisasi/perusahaan tersebut dalam masalah produk/jasa, aktivitas-aktivitas, reputasi, perilaku manajemen, dsb.
  2. Menciptakan public Confidence (adanya kepercayaan publik terhadap perusahaan).
  3. Menciptakan public Support(adanya unsur dukungan dari publik terhadap perusahaan) baik itu dalam bentuk material maupun spiritual.
  4. Menciptakan public Coorperation(adanya kerjasama dari publik terhadap perusahaan).

Fungsi  Public Relations

  • Fungsi dari PR adalah sebagai berikut :
  1. Mengetahui secara pasti dan mengevaluasi pendapat umum yang berkaitan dengan perusahaannya.
  2. Menasehati para eksekutif mengenai cara-cara menangani pendapat umum yang timbul.
  3. Menggunakan komunikasi untuk mempengaruhi pendapat umum

Contoh Kegiatan Public Relations

  • Kegiatan utama dari PR adalah sebagai berikut :
  1. Menjalankan program terencana dan berkesinambungan sebagai bagian dari manajemen organisasi
  2. Berurusan dengan hubungan antara organisasi dengan publiknya
  3. Memantau pengetahuan, pendapat, sikap dan prilaku didalam dan diluar organisasi.
  4. Menganalisis pengaruh kebijakan, prosedur dan tindakan pada publik.
  5. Menyesuaikan kebijakan, aturan dan tindakan yang dipandang menimbulkan konflik dengan kepentingan publik dan keberadaan perusahaan
  6. Memberikan saran dan masukan kepada manajemen dalam pembuatan kebijakan, aturan dan tindakan yang dipandang menimbulkan konflik dengan kepentingan publik dan keberadaan perusahaan.
  7. Membangun dan memelihara hubungan komunikasi dua arah antara organisasi dengan publiknya
  8. Menghasilkan perubahan yang khusus dalam pengetahuan, pendapat, sikap dan perilaku didalam dan diluar organisasi.
  9. Menciptakan hubungan baru dan atau memelihara hubungan antara organisasi dan publiknya.

Sumber: https://iglo.co.id/dead-effect-apk/