Tujuan Ekonomi Pembangunan

Tujuan Ekonomi Pembangunan

Tujuan dari ekonomi pembangunan adalah untuk menelaah faktor-faktor yang menimbulkan ketiadaan pembangunan, atau pembangunan yang lambat di negara-negara berkembang dan selanjutnya mengemukakan cara pendekatan yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi sehingga dapat memperlaju jalannya pembangunan ekonomi di negara-negara tersebut.

Dengan bertambah besarnya perhatian yang diberikan dalam membangun negara-negara berkembang maka makin meluas pula kesadaran bahwa tugas membangun negar-negara itu bukanlah tugas yang sederhana dan mudah. Masalah pembangunan ekonomi negara-negara berkembang merupakan suatu persoalan yang sangat kompleks dan sangat berlainan sifatnya dengan masalah pembangunan yang pernah di hadapi oleh negara-negara maju. Sifat permasalahannya yang sangat berbeda itu menyebabkan satu pendekatan baru untuk memecahkannya perlu diciptakan. Pada permulaannya, banyak diantara pemimpin-pemimpin negara-negara yang baru tumbuh beranggapan bahwa keterbelakangan mereka adalah disebabkan oleh penjajahan tetapi sejarah membuktikan bahwa hal tersebut tidak benar sama sekali. Bahwa pembangunan ekonomi akan berjalan dengan lebih cepat dan lancar. Orang-orang yang berpendapat bahwa masalah pembangunan di negara-negara berkembang merupakan persoalan yang pada hakekatnya sederhana pada akhirnya harus mengakui kesalahan pendapat mereka. Untuk mencapainya, seluruh sumber-sumber daya perlunya di gunakan untuk mengembangkan sector industri sebenarnya, pandangan yang menyatakan bahwa pembagunan ekonomi hanya dilaksanakan apabila kegiatan industry dikembangkan secara tepat.

Tujuan Pembangunan Ekonomi di Indonesia

 Pembangunan ekonomi diarahkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan mewujudkan landasan pembangunan yang lebih kokoh bagi pembangunan ekonomi berkelanjutan. Program Pembangunan Nasional (PROPENAS) di bidang ekonomi secara terpadu dikelompokkan menjadi tujuh kelompok program percepatan pembangunan ekonomi berkelanjutan. Prioritas program dalam jangka pendek untuk mengatasi masalah kemiskinan dan pengangguran. Sedangkan prioritas program jangka menengah untuk meletakkan landasan pembangunan ekonomi berkelanjutan.

 Prioritas pembangunan dapat dikelompokkan ke dalam hal-hal berikut.

  1. Penanggulangan Kemiskinan

 Penanggulangan kemiskinan meliputi hal-hal berikut.

  1. Peningkatan keamanan dan ketertiban yang dapat mendukung kegiatan pelaku usaha kecil.
  2. Pengendalian pertumbuhan penduduk.
  3. Pembangunan ekonomi yang dapat menjangkau mayoritas penduduk miskin.
  4. Pengembangan sistem jaminan sosial.
  5. Peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan untuk meningkatkan produktivitas dan martabat manusia.
  6. Peningkatan akses usaha kecil dan koperasi terhadap sumber pembiayaan.
  7. Pembangunan pertanian dan pedesaan.

 

Sumber :

https://vhost.id/tantang-rift-samsung-luncurkan-headset-vr-hmd-odyssey/