Smartfren Siapkan Jaringan TDD-LTE

Smartfren Siapkan Jaringan TDD-LTE

Smartfren Siapkan Jaringan TDD-LTE

PT SMARTFREN Telecom Tbk (Smartfren) dikabarkan tengah menyiapkan layanan berbasis teknologi TDD-LTE (time division duplexing long term evolution). Teknologi itu akan dipakai penyedia layanan telekomunikasi di alokasi frekuensi 2,3 Ghz yang baru didapatkannya dari hasil penggusuran dari jaringan 1,9 Ghz.

Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia

(BRTI) Muhammad Ridwan Effendi membenarkan perusahaan penyedia layanan telekomunikasi berbasis CDMA itu tengah menyediakan infrastruktur layanan memakai teknologi komunikasi terbaru, 4G LTE.

”Kan mereka sudah mulai urus pembangunan jaringan yang berjalan di atas teknologi TDD LTE di frekuensi 2,3 Ghz karena memang sudah mendapat lisensi penggunaan teknologi netral di jaringannya. Waktu pembangunannya tergantung seberapa cepat mereka saja,” ungkap Ridwan.

Ridwan juga menyebutkan bahwa setelah jaringan yang dimiliki Smartfren

di frekuensi telah selesai dibangun dan memakai teknologi 4G LTE harus melalui proses ULO (uji laik operasi) sebelum benar-benar dibuka secara umum dan komersial bagi pelanggan.

”Prosesnya mungkin sampai 60 hari karena akan dicoba dulu kesiapan

dan kualitas layanannya di semua lokasi yang sudah mereka bangun. Kalau sudah diujicoba dan laik pakai maka baru kita izinkan supaya mereka gelar layanannya secara komersial,” imbuh Ridwan.

 

sumber :

https://merpati.co.id/seva-mobil-bekas/