PT MRT Jakarta Gandeng UI Kerja Sama Teknologi dan SDM

No comment

PT MRT Jakarta Gandeng UI Kerja Sama Teknologi dan SDM

PT MRT Jakarta Gandeng UI Kerja Sama Teknologi dan SDM

PT MRT Jakarta Gandeng UI Kerja Sama Teknologi dan SDM

Menjelang enam bulan pengoperasian transportasi publik berbasis rel, Mass Rapid Transit (MRT), PT MRT Jakarta terus memperluas kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk institusi perguruan tinggi.

Setelah menandatangani kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Dharma Persada yang berafilisasi ke Jepang, hari ini, Senin (16/9), PT MRT Jakarta menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding-MoU) dengan Universitas Indonesia (UI).

Penandatanganan MoU antara PT MRT Jakarta dengan UI, dilakukan oleh Direktur Utama (Dirut) PT MRT Jakarta, William P Sabandar dengan Rektor UI, Muhammad Anis di kantor PT MRT Jakarta, Wisma Nusantara, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (16/9).

William mengatakan UI merupakan perguruan tinggi negeri kedua, setelah ITB yang menjalin kerja sama dengan PT MRT Jakarta. Beberapa hari ke depan, pihaknya sedang menyiapkan kerja sama yang sama dengan perguruan tinggi negeri lainnya, yaitu Universitas Gajah Mada (UGM).

“Kalau dengan perguruan tinggi negeri sudah dengan ITB. Beberapa hari ke depan kami sedang persiapan dengan UGM. Kalau yang swasta sudah dengan Dharma Persada yang ternyata berafilisasi dengan Jepang,” kata William seusai penandatanganan MoU di kantor PT MRT Jakarta.

Menurutnya, kerja sama yang dibangun bersama UI, tidak hanya dalam bidang teknologi dan sumber daya manusia, tetapi akan ada hal lain yang akan dikembangkan dalam pembahasan kerja sama tersebut. Pihaknya akan melihat dari sisi perusahaannya dan sisi UI sendiri, mengenai aspek apa saja yang bisa dikerjasamakan dalam pengembangan MRT Jakarta.

“Jadi aspek-aspek kerja sama kita dengan UI masih luas ya. Termasuk melibatkan

dalam penelitian, pengembangan sumber daya manusia (SDM). Ini yang sedang kita jajaki. Nanti akan ada pembahasan hal-hal teknis menyangkut hal-hal apa saja yang akan dikerjasamakan,” ujarnya.

Untuk saat ini, sudah ada cukup banyak mahasiswa UI yang magang di PT MRT Jakarta. Mereka bekerja dalam bidang teknik dan SDM.

Dengan adanya penandatanganan MoU ini, kerja sama dengan UI dapat dilakukan

lebih sistematis lagi. Tidak hanya mahasiswa yang dapat magang kerja di perusahaannya, tetapi juga dapat melibatkan UI dalam pengembangan Jakarta Transportation Academy (JTA). Yang akan menjadi cikal bakal sebuah institusi untuk menyiapkan tenaga-tenaga pengelola MRT atau tranportasi publik.

“Jadi nantinya kita tidak harus bersandar kepada luar negeri semuanya. Karena ada

pusat-pusat trainee yang bisa kami kembangkan dan dipusatkan di sini. Dalam kerja sama ini kami akan bicarakan program-program nyata yang akan dilaksanakan. Memang selama ini sudah terjadi kerja sama dengan UI, tetapi belum diformalkan. Nah dengan adanya kerja sama formal seperti, akan lebih efektif,” terangnya.

 

Baca Juga :