Penjualan Aktiva Tetap

Penjualan Aktiva TetapPenjualan Aktiva Tetap

            Ada kemungkinan aktiva Tetap yang belum habis umur ekonomisnya tetapi, karena berbagai pertimbangan, oleh perusahaan diputuskan untuk dijual. Jika terjadi penjualan aktiva tetap, maka yang perlu dilihat adalah nilai buku aktiva tetap tersebut pada tanggal terjadiya transaksi penjualan. Nilai buku adalah harga perolehan asset dikurangi dengan akumulasi penyusutan Aktiva tetap bersangkutan. Selisih antara nilai buku dan jumlah uang yang diterima diakui sebagai laba atau rugi penjualan aktiva tetap. Jika diperoleh selisih lebih, maka diakui sebagai laba penjualan aktiva tetap. Jika diperoleh selisih negative, maka diakui sebagai rugi penjualan aktiva tetap.

2.11 Deplesi

            Deplesi adalah berkurangnya harga perolehan atau nilai sumber daya alam seperti tambang dan hutan kayu yang disebabkan oleh perusahaan sumber daya alam tersebut hingga menjadi persediaan.

Terdapat tiga factor yang berpengaruh terhadap perhitungan deplesi aktiva tetap, yaitu :

  • Harga Perolehan Aktiva tetap
  • Taksiran Nilai Sisa (harga jual) setelah sumber daya alam tersebut selesai dieksploitasi.Pada akhir umur ekonomis, sisa asset berupa tanah atau yang lain dimana isi atau kandungan dari sumber daya alam tersebut sudah habis, sehingga tanah yang tersisa akan memiliki nilai ekonomis yang jauh lebih rendah.
  • Taksiran hasil yang secara ekonomis dapat di eksploitasi, merupakan perkiraan besarnya total dari sumber daya alam yang dapat diambildan dijual sebagai sumber pendapatan utama perusahaan.

 

Sumber :

https://tukangkonten.com/