Pengertian WAN serta Contoh dan Komponennya

No comment

Definisi WAN dan komponennya

WAN berarti Wide Area Network adalah jaringan yang digunakan sebagai jaringan yang menghubungkan jaringan lokal. Jaringan jaringan lokal tidak hanya secara fisik dekat satu sama lain tetapi menggunakan grup dengan alamat IP yang sama.

Pengertian WAN

Jaringan lokal dapat berupa ruangan, kantor atau bahkan kota. Sedangkan WAN sendiri merupakan jaringan yang menghubungkan jaringan lokal ini dalam satu kota, provinsi atau bahkan antar negara.

Perbedaan antara WAN dan LAN adalah pada jenis dukungan yang digunakan. Secara umum, LAN atau LAN menggunakan lingkungan jaringan yang serupa.

Sementara WAN terhubung ke perangkat dengan media transmisi dan protokol yang berbeda. Area jangkauan WAN juga sangat luas, tetapi menghubungkan jaringan seolah-olah berada dalam satu ruangan.

Jaringan WAN memiliki kecepatan data yang lebih rendah daripada jaringan lokal atau LAN. Teknologi jaringan WAN tergantung pada perusahaan telekomunikasi jarak jauh. WAN menggunakan berbagai jenis teknologi jaringan dengan menggabungkan sinyal analog dan digital untuk transmisi data.

Tentu saja, ini berbeda dari jaringan area lokal atau LAN yang menggunakan koneksi antara komputer yang secara fisik terhubung satu sama lain dengan protokol dan dukungan transmisi yang sama. Komponen WAN dan fungsinya akan dibahas setelahnya.

Peralatan Terminal Data (DTE)

DTE adalah komponen yang menyusun WAN yang posisinya ada di sisi klien, seperti bangunan atau rumah. Komponen jaringan ini berfungsi untuk mengirim dan menerima data.

Komponen DTE umumnya merupakan router atau terkadang komputer. DTE ini adalah tanda batas antara jaringan area lokal dan WAN. DTE ini akan berkomunikasi dengan DTE di ujung lainnya.

Hapus tanda

Demarc adalah salah satu komponen WAN, juga disebut demarkasi, yang merupakan antarmuka atau antarmuka yang menghubungkan ke rumah dan koneksi dari perusahaan telekomunikasi yang dapat menggunakan kabel serat optik atau tembaga.

Loop lokal

Loop lokal adalah komponen WAN, yang merupakan perluasan jaringan telekomunikasi dari komponen Demarc ke kantor pusat penyedia layanan telekomunikasi.

Pemeliharaan Local Loops adalah tanggung jawab penyedia layanan telekomunikasi. Secara umum, komponen ini berupa kabel UTP, serat optik, tembaga biasa, atau kombinasi ketiganya.

Peralatan terminasi data

DDE adalah komponen jaringan yang berkomunikasi dengan DTE dan WAN secara keseluruhan. Perangkat ini ada di pihak penyedia layanan Anda atau penyedia layanan internet.

Secara umum, komponen ini adalah router di sisi ISP yang menghubungkan sinyal ke DTE. Dengan kata lain, modem dapat dianggap sebagai DCE dan DTE yang memiliki fungsi yang sama tetapi memiliki fungsi yang sedikit berbeda karena terletak di tempat yang berbeda.

Sumber : Https://www.videomax.co