Pengertian Danau

No comment

Pengertian Danau

Danau merupakan sifat rupa bumi (atau sifat fisik) yang berupa badan air pedalaman yang bukan sebagai lautan, yang lebih besar dan didalam dibandingkan kolam, airnya mengalir perlahan tetapi tidak selalu, ditaruh di bawah Cekungan (satu kembali fitur-fitur rupa bumi) dan disalurkan oleh sungai.

Danau-danau alami kebanyakan ada di tempat pegunungan, zona rengkahan, dan tempat yang baru atau sering mengalami pengglasieran. Danau-danau lain pula ditemukan di Cekungan endoreik atau selama aliran sungai matang. Di lebih dari satu tempat di dunia ada banyak sekali danau dampak pola pengurasan camuk yang ditinggalkan berasal dari Zaman Es yang lalu. Semua danau hanya ada pas selama skala pas geologi, dikarenakan lambat-laun danau dapat ditimbun endapan atau tumpah nampak berasal dari Cekungan yang menakungnya.
Kebanyakan danau di Bumi berisi air tawar, dan terletak di tempat garis lintang tinggi di Belahan utara. Lebih 60% danau di dunia ini terletak di Kanada dikarenakan sistem pembuangan berserabut yang mendominasi wilayah negara ini.

Finlandia dikenal sebagai Tanah Seribu Danau, (sebenarnya ada 187,888 buah danau Finlandia, 60.000 berasal dari adalah besar), pas negara anggota Minnesota di Amerika Serikat pula bergelar Tanah Sepuluh Ribu Danau.

Kebanyakan danau ini ada pembuangan nampak alami yang berupa sungai atau anak sungai, tetapi ada juga danau tanpa pembuangan keluar, sebaliknya hanya kehilangan air lewat penguapan atau tirisan bawah tanah atau keduanya. Danau-danau seperti ini merupakan danau endoreik.

Banyak juga danau buatan manusia yang dibangun untuk obyek pembangkit tenaga listrik, obyek rekreasi, petunjuk industri atau pertanian, atau pasokan air setempat.

Di luar bumi juga terbukti terdapatnya danau; “bukti definitif terdapatnya danau-danau berisi metana” diumumkan oleh NASA menurut pantauan Prob Cassini di bulan Titan yang mengorbit planet Saturnus.

Artikel Lainnya : https://tokoh.co.id/biodata-blackpink-all-member-dan-fakta-terlengkap/

Di seluruh dunia, jumlah danau jauh diatasi jumlah kolam: berasal dari sekitar 304 juta kelompok air diam di seluruh dunia, 91% darinya seluas 1 hektar (2.5 ekar) ke bawah. Danau kecil ini melebihi danau besar berasal dari faktor jumlah: berasal dari faktor luas, sepertiga kelompok air diam di dunia adalah danau dan kolam berukuran 10 hektars (25 hektar) ke bawah. Namun, danau besar banyak sangat kontribusinya kepada luas air diam, yaitu 122 buah danau besar seluas 1.000 kilometer persegi (390 mil persegi, 100,000 ha, 247,000 hektar) atau lebih yang jadi 29% berasal dari jumlah air diam daratan di Bumi.

Baca Juga :