PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT COMPARATIVE ADJECTIVE

No comment

PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT COMPARATIVE ADJECTIVE

 

PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT COMPARATIVE ADJECTIVE

Definisi adjective

Definisi adjective adalah merupakan salah satu bagian dari part of speech yang befungsi untuk menjelaskan noun yang diikutinya, sebagi contoh: big chair, red hair, beautiful woman, dll. big, red , dan beautiful adalah adjective. Untuk lebih jelasnya mengenai adjective, silahkan lihat postingan macam-macam adjective dalam bahasa inggris. Nah kali ini kita masih akan membahas tentang salah satu jenis adjective yaitu Comparative adjective. Simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Comparative Adjective

Apa itu Comparative adjective? Dan apa fungsinya? Comparative adjective adalah sebuah kata sifat yang memiliki fungsi untuk membandingkan dua noun (larger, smaller, faster, higher, bigger, etc), baik itu membandingkan bagus maupun kejelekan noun yang dijelaskannya.

Pembentukan Comparative Adjective

Sebagian besar pembentukan comparative adjective adlah dengan adanya penambahan suffix –er diakhirnya, big-bigger, small-smaller, tall-taller, etc.dibeberapa kejadian kata “more” dan “less” biasanya juga ditambahkan dalam penggunaan comparative adjectiv. Mengapa bisa terjadi demikian?
Dalam pembentukan comparative adjective terjadi penambahan suffix-er, penambahan kata “more” dan “less” harus berdasarkan sylable(suku kata) yang mereka miliki. Karena comparative adjective memiliki atauran sebagi berikut.

Jika sebuah adjective memiliki satu syllable(suku kata), hanya perlu ditambahkan suffix –er untuk membentuk comparative adjective. Contoh: tall – taller, cold – colder, etc.
Jika sebuah adjective memiliki 2 syllabel(suku kata) dan berakhiran –y, maka pembentukan comparative adjectivenya adalah dengan merubah akhiran –y tersebut menjadi –i dan ditambahkan –er. Conroh: early – earlier, happy – happier, etc.
Kata “more” dan “less” digunakan untuk membentuk comparative adjective pada adjective yang memiliki 2 syllable(suku kata)dan tidak berakhiran –y. Contoh: honest – more honest, difficult – less difficult, modern – more modern, etc.
Kata “more” dan “less” digunakan untuk membentuk comparative adjective pada adjective yang memiliki 3 syllable(suku kata)atau lebih. Contoh: expensive – less expensive, beautiful – more beautiful, comfortable – more comfortable, etc.
Jika sebuah adjective berakhiran –e, maka pembentukan comparative adjectivenya adalah dengan ditambah –r saja pada akhirannya.
Jika struktur adjectivenya adalah consonant –vowel – consonant, maka untuk pembentukan comparative adjectivenya adalah mendobel konsonan yang berada dikahir. Contoh: big – bigger, hot-hotter, etc.

Namun juga ada beberapa irregular comparative adjective yaitu perubahan yang tidak mengikuti aturan-aturan pembentukan comparative adjective. Contoh: good-better, bad- worse, little-less, far-farther, etc.

Contoh Comparative adjective

Berikut adalah beberapa contoh adjective beserta pembentukannya menjadi comparative adjectivenya yang sering digunakan dalam kalimat bahasa inggris.

Contoh Kalimat Comparative Adjective

Untuk lebih jelasnya mengenai tentang comparative adjective silahkan lihat contoh di bawah ini.

Nah itulah tadi pembahasan tentang pengertian dan contoh kalimat comparative adjective. Silahkan berkomentar di bawah jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang paham dengan materi di atas. Mohon maaf dan mohon koreksinya juga bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih.

 

Sumber: https://www.sekolahbahasainggris.com/