pengertian arsitektur pada client dan server

No comment

pengertian arsitektur pada client dan server

pengertian arsitektur pada client dan server

pengertian arsitektur pada client dan server

Client-server adalah

 suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.

Dengan arsitektur client/server

query data ke server dapat terlayani dengan lebih cepat karena yang ditransfer bukanlah file, tetapi hanyalah hasil dari query tersebut. RPC (Remote Procedure Calls) memegang peranan penting pada arsitektur client/server. Arsitektur Client-Server Telematika terdiri dari 2 buah arsitektur yakni, arsitektur sisi client dan sisi server-nya.

Arsitektur Sisi Client

Istilah ini merujuk pada pelaksanaan atau penyimpanan data pada browser (koneksi HTPP atau client) sisi koneksi HTTP. JavaScript adalah sebuah contoh dari sisi eksekusi client dan Cookie adalah contoh dari sisi penyimpanan pada Client. Lihat Cookie, Server Side.

Karakteristik Client

Selalu memulai permintaan ke server.

Menunggu balasan.

Menerima balasan.

Biasanya terhubung ke sejumlah kecil dari server pada satu waktu.

Biasanya berinteraksi langsung dengan pengguna akhir dengan menggunakan  antarmuka pengguna seperti antarmuka pengguna grafis.

Khusus jenis klien mencakup: web browser, e-mail klien, dan online chat klien

Arsitektur Sisi Server

Sebuah eksekusi sisi server adalah server Web khusus eksekusi yang melampaui standar metode HTTP itu harus mendukung. Sebagai contoh, penggunaan CGI script sisi server khusus tag tertanam di halaman HTML; tag ini memicu tindakan terjadi atau program untuk mengeksekusi.

 

Karakteristik Server

Selalu menunggu permintaan dari salah satu klien.

Melayani klien permintaan kemudian menjawab dengan data yang diminta ke klien.

Sebuah server dapat berkomunikasi dengan server lain untuk melayani permintaan klien.

Jenis server khusus mencakup:

web server, FTP server, database server, E-mail server, file server, print server. Kebanyakan web layanan ini juga jenis server.

Jadi, secara umum Arsitektur Client-Server atau jaringan komputer adalah sebuah aplikasi terdistribusi arsitektur yang partisi tugas atau beban kerja antara penyedia layanan (server) dan pelayanan pemohon, disebut klien. Sering kali klien dan server beroperasi melalui jaringan komputer pada hardware terpisah.

Sumber : https://jeffmatsuda.com/arti-sinonim-antonim-dan-homonim/