Pengenalan Telematika

Pengenalan Telematika

Pengenalan Telematika

Pengenalan Telematika
Pengenalan Telematika

Pada zaman dahulu kala, Telematika pertama kali muncul dan dikenal di negara Prancis tahun 1970-an. Kemudian baru pada 1980-an teknologi informasi dikenal dan digunakan di Indonesia dikarenakan atas satelit yang kemudian dimiliki oleh Indonesia pada 1984.
Ketika Amerika Serikat meluncurkan ARPAnet pada 1983, penggunaan teknologi telematika di Indonesia masih terbatas. Mailinglist yang dikenal tertua di Indonesia dibuat pada tahun 1983 oleh Johny Moningka dan Jos Lukuhay. Mailinglist ini merupakan perangkat pesan yang berbasis unix.
Meskipun masih terbatas namun pada tahun itu telah terjadwal teleconference di TVRI setiap sebulan sekali yang menampilkan dialog interaktif antara Presiden Suharto yang berada di Jakarta dengan para petani di luar Jakarta.
Pada tahun 1990-an teknologi telematika sudah banyak dikenal dan digunakan masyarakat di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari banyaknya radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri. Internet pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1994 dan digunakan tidak hanya oleh kalangan akademisi tetapi juga sampai ke karyawan kantor. Provider pertama yang ada di Indonesia bernama IPTEKnet dan pada tahun yang sama beroperasi provider komersil bernama INDOnet.
Ketika kata reformasi menjadi disalahartikan, muncul berbagai gejala serba bebas seperti barang illegal, pembajakan software dan aplikasi. Karena harga teknologi yang terjangkau menyebabkan mudahnya teknologi diaplikasikan oleh siapapun. Teknologi telematika pun dapat berkembang dengan sangat pesat.
Pada masa inilah peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk menangani perkembangan telematika dalam keputusan politiknya sehingga hal – hal negative dari perkembangan tersebut dapat ditekan seminimal mungkin. Sebab tidak dapat dipungkiri bahwa telematika telah membawa kemudahan diberbagai bidang seperti meningkatkan kinerja, menghemat biaya dan memperbaiki kualitas produk.

Telematika merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat pada masa ini. Kata telematika adalah kata yang diserap dari bahasa Prancis yaitu “telematique”. Yang pertama kali memperkenalkan kata ini adalah penulis buku berjudul “L’informatisation de la Societe” yaitu Simon Nora dan Alain Minc pada tahun 1978.
Istilah telematika dari segi hukum adalah perkembangan sistem elektronik berbasis digital antara teknologi informasi dan media yang awalnya masing – masing berkembang secara terpisah. Terdapat banyak sekali pendapat mengenai pemahaman definisi dari istilah telematika, namun saya dapat mengambil kesimpulan bahwa telematika merupakan suatu sarana telekomunikasi dengan jangkauan seluruh dunia yang mentransmisikan sejumlah informasi hanya dalam waktu singkat dengan menggunakan sistem digital.
Ada berbagai macam bentuk dari telematika yang telah berkembang di banyak bidang. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya “tumpang tindih” karena berbagai kegiatan kerja dapat menggunakan telematika untuk menunjang kinerja dari usaha yang dilakukan.

Sumber : https://obatpenyakitherpes.id/jenis-digital-marketing