PELAKSANAAN PRAKTIKUM

PELAKSANAAN PRAKTIKUM

3.1 Waktu Dan Tempat Praktikum
Praktikum dilaksanakan pada hari selasa pukul 16:00 WIB. Di lahan percobaan belakang fakultas pertanian Universitas Bengkulu.

3.2 Bahan Dan Alat
Lahan perkebunan kakao : herbisida kontak paraquat dan gramoxone : air,ember,gelas ukur,knapsack sprayer, stopwatch dan nozel tembak : sepatu lapangan 3 pasang dan topi lapangan 3 buah.

3.3 Cara Kerja
1. Herbisida kontak diaplikasikan pada batang dan piringan kakao.
2. Pengamatan dengan petak contoh pada piringan dilakukan 1 sampai 2 minggu setelahaplikasi setiap hari. Persentase kematian, berdasarkan respon gulma terhadap herbisida dan amati gejala keracunan yang ada.
3. Dua minggu setelah aplikasi , kemudian dilakukan analisa vegetasi.

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1. Hasil
Pengaplikasian herbisida kontak ini menghasilkan gulma pada areal batang dan piringan pada tanaman mati. Gulma yang diamati mati dengan selang waktu antara 8- 10 jam dari pengaplikasian herbisida tersebut. Selanjutnya gulma tersebut dianalisa vegetasinya.

4.2. Analisis Gulma
Tabel 1. Gulma yang tumbuh

(1)

(2)
(3)

(4)
(5)

4.3. Pembahasan
Gulma yang paling banyak ditemui pada lahan praktikum kami adalah pada gambar 1 dan 5. Gulma ini tumbuh hampir seluruh bagian tanaman, sehingga dapat gulma utama pada lahan praktikum. Gulma lain yang tumbuh adalah hidrilia gulma ini tumbuh diluar piringan kakao. Rumput hidrilia tumbuh dibawah pohon naungan tanaman kakao. Rumput ilalang juga tumbuh pada lahan praktikum kami, namun jumlah rumput ini hanya sedikit. Gulma lain yang tumbuh adalah jenis 3, gulma ini cukup banyak tumbuh pada tanaman naungan.

 

Sumber :

https://callcenters.id/