OPINI Loncat dari 48 MP ke 64 MP, Seberapa Menarik

OPINI: Loncat dari 48 MP ke 64 MP, Seberapa Menarik?

OPINI: Loncat dari 48 MP ke 64 MP, Seberapa Menarik?

 

OPINI Loncat dari 48 MP ke 64 MP, Seberapa Menarik
OPINI Loncat dari 48 MP ke 64 MP, Seberapa Menarik

Hari ini, 29 Oktober 2019, Xiaomi secara resmi telah membuka penawaran pre-order smartphone barunya yang diperkenalkan ke hadapan konsumen setianya di Indonesia. Ya! Smartphone tersebut adalah Redmi Note 8 Pro yang punya dukungan empat kamera (quad-camera) 64 MP.

Harus diakui, Redmi Note 8 Pro memang jadi smartphone pertama yang diperkenalkan ke pasar Indonesia dengan dukungan kamera 64 MP. Namun, realme tak mau ketinggalan. Ya! realme adalah pabrikan smartphone berikutnya yang memperkenalkan realme XT ke pasar Indonesia, juga punya dukungan kamera 64 MP.

Menariknya, realme XT lebih dulu dijual ke konsumen Indonesia. Smartphone ini mulai dijual pada tanggal 23 Oktober 2019 dan yang pertama kali ditawarkan adalah varian RAM 4 GB +ROM 128 GB. Sementara, untuk varian RAM 8 GB + ROM 128 GB baru akan ditawarkan mulai tanggal 2 November 2019.
Hanya dua yang resmi di Indonesia

Sebelumnya, pasar smartphone Indonesia diramaikan dengan smartphone yang punya kamera 48 MP. Seperti yang kita tahu, Samsung ikut meramaikan lewat Samsung Galaxy A80. Tak hanya sampai di situ, raksasa elektronik asal Korea Selatan ini juga memboyong Galaxy A50s dengan kamera utama 48 MP.

Tak hanya Samsung, OPPO pun tak mau ketinggalan dengan meluncurkan OPPO A9 2020. Jauh sebelum itu, OPPO juga sudah memboyong OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom. Dan lini smartphone ini pun mereka perbarui dengan memperkenalkan OPPO Reno2 dan OPPO Reno2 F.

Pabrikan smartphone Android lainnya yang juga memboyong smartphone anyarnya dengan dukungan kamera 48 MP adalah vivo, realme dan Huawei. Ya! vivo memperkenalkan vivo V17 Pro, realme memperkenalkan realme X dan realme 5 Pro serta Huawei yang turut memboyong Huawei nova 5T ke pasar Indonesia.

Namun, berbicara dukungan kamera 48 MP,

tentu saja Redmi Note 7 adalah salah satu pionir yang memperkenalkan perangkatnya di Indonesia. Datang dengan dukungan kamera 48 MP, smartphone ini pun disambut positif oleh Mi Fans di Indonesia.

Nah! Kini, Xiaomi dan realme yang begitu percaya diri untuk memperkenallan smartphone barunya dengan kamera 64 MP ke pasar Indonesia. Seperti yang telah disebutkan, Xiaomi memperkenalkan Redmi Note 8 Pro, sementara realme memboyong realme XT. Ya! Keduanya kini sudah dijual resmi di Indonesia.
Menarikkah sensor kamera 64 MP?

Xiaomi punya Redmi Note 8 Pro, sementara realme punya realme XT. Keduanya mengandalkan salah satu nilai jual yang bisa menghipnotis pencinta gadget, yakni dukungan kamera utama yang ditawarkan. Baik Redmi Note 8 Pro, maupun realme XT, keduanya punya dukungan kamera belakang 64 MP.

Jika digali lebih dalam, baik Redmi Note 8 Pro maupun realme XT, keduanya memakai sensor yang sama, yakni ISOCELL Bright GW1 64 MP. Dari sini, tentu saja tak sedikit orang yang bertanya-tanya seberapa menarik sensor kamera 64 MP milik Samsung yang ada di dalam kedua smartphone tersebut?

Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia mengklaim bahwa kamera utama yang ada pada Redmi Note 8 Pro mampu merekam foto beresolusi tinggi, yakni hingga 9.248 x 6.936 piksel. Hal yang sama juga diklaim oleh kubu realme. Oleh karena itu, hasil foto dari kedua smartphone ini dapat dicetak hingga setinggi 3,26 meter.

Sensor 64 MP yang ada pada Redmi Note 8 memiliki ukuran piksel yang sama dengan 48 MP, yakni 0.8μm. Meski begitu, sensor ini 33 persen lebih besar secara keseluruhan. Nah! Menariknya, Xiaomi berhasil menanamkan sensor kamera jumbo ini dalam desain tipis Redmi Note 8 Pro.

Sementara, klaim realme mengatakan

bahwa sensor 1/1,72 inci GW1 64 MP ultra-besar hingga 34 persen lebih besar dari sensor 48 MP dan memiliki fitur 4-in-1 intelligent pixel binning, aperture besar f/1,8, dan lensa 6P dengan kemampuan light-gathering yang superior. Ini mampu menghadirkan pengalaman fotografi setingkat flagship.

Ya! Postifnya memotret dengan kamera 64 MP akan mampu menghasilkan foto dengan resolusi tinggi. Meski begitu, ada konsekuensi yang harus ditanggung oleh pengguna, yakni ukuran tiap file foto juga akan membengkak. Diperkirakan, ukuran filenya bisa mencapai kisaran 20 MB.
64 MP akan semakin populer

Harga OPPO K5

Sejauh ini, realme masih getol mengembangkan smartphone dengan dukungan kamera 64 MP. Adalah realme X2 dan realme X2 Pro yang sudah diperkenalkan beberapa waktu lalu, meskipun belum ada informasi resmi apakah smartphone ini akan turut diboyong ke pasar Indonesia atau tidak.

Selain realme, ada juga OPPO yang baru-baru ini telah merilis OPPO K5. Ya! Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 730G ini juga punya kamera utama 64 MP. Tentunya kita juga berharap smartphone ini pun bisa diboyong oleh OPPO ke pasar Indonesia untuk melengkapi lini K Series yang sudah ada.

Kejutan justru diperlihatkan oleh Xiaomi.

Ya! Pabrikan smartphone yang berada di bawah kendali Lei Jun ini membuat kejutan dengan merilis smartphone yang punya kamera utama 108 MP. Ini bisa kita lihat dari Mi Mix Alpha yang sudah diperkenalkan pada akhir September 2019 lalu.

Pertanyaannya, apakah kalian tertarik untuk membeli Redmi Note 8 Pro atau realme XT yang punya sensor kamera utama 64 MP? Atau kalian lebih suka dengan smartphone yang punya sensor kamera lebih kecil? Kami tunggu komentar kalian melalui kolom di bawah ini.

Baca juga :