Mencegah Anak Cedera Saat Aktivitas di Luar Ruangan

No comment

Mencegah Anak Cedera Saat Aktivitas di Luar Ruangan

Untuk menangkal anak cedera ketika sedang bermain dengan teman-temannya, Anda dapat memulai dengan memeriksa suasana tubuh si kecil, lingkungan bermain dan keterampilan tubuhnya dalam beraktivitas.

Keamanan Tubuh
Mencegah anak cedera tubuh dapat dilakukan dengan teknik memilihkan kegiatan yang cocok dengan keterampilan tubuhnya. Ajak ia melakukan kegiatan yang memakai berat badannya laksana melompat atau bermain trampolin.

Memastikan Keamanan Tempat Bermain
Cara kedua menangkal anak cedera ialah dengan meyakinkan situasi tempat bermainnya. Jika anak masih balita, pastikan di sekitarnya tidak ada perlengkapan yang rusak, sudut yang tajam atau permukaan yang tidak rata.

Skill
Anda juga dapat mencegah anak cedera dalam kegiatan luar ruangan dengan melakukan kegiatan yang bervariasi. Anak yang masih kecil usahakan tidak diajari satu jenis olahraga dalam jangka panjang. Usahakan untuk mengerjakan variasi dengan mengubah jenis olahraga yang dimainkan masing-masing sebulan sekali. Memainkan olahraga yang sama dalam masa-masa yang lama akan menciptakan peluang cedera lebih besar.

Mencegah Cedera Emosional
Aktivitas luar ruangan dalam kadar yang tepat akan menolong meningkatkan rasa percaya diri anak serta mengurangi kegelisahan dan stres. Dalam kegiatan ini, tidak saja cedera jasmani yang dapat terjadi, tapi pun cedera secara emosional. Terutama andai ia bermain dalam kumpulan dengan teman-temannya.

Mengajaknya bermain di luar ruangan ialah tentang bagaimana kita membuatnya merasa senang dan mengawal kesehatan tubuhnya.

Sumber : http://joomfans.com/?o=www.pelajaran.co.id