Manfaat Silaturahmi

Manfaat Silaturahmi

Manfaat SilaturahmiManfaat Silaturahmi

Manfaat silaturahmi tidak hanya mempererat persaudaraan, tetapi juga dapat memperluas rezeki, memperpanjang umur, dikenang kebaikannya, diperpanjang umurnya.

Manfaat Silaturahmi

Hal ini sesuai sabda nabi yang artinya

“Barang siapa yang senang dilapangkan rezekinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi (Bukhari dan muslim)”.

Selain itu Allah SWT berfirman : yang artinya
“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, Ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (QS: An-nisa’: 36) (Depag, 005).

Allah memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya agar sealu menyembah Dia semata, tiada sekutu bagi Dia. Karena sesungguhnya Dialah Yang Maha Pencipta, Maha Pemberi rezeki, Maha Pemberi nikmat. Maka hendaklah menyembah kepada-Nya dan selalu mengasihi ibu dan bapak karena tidak akan ada kerabat kecuali dengan perantara mereka. Oleh sebab itu, saling berbuat baiklah dengan sesama manusia baik dari bentuk perbuatan maupun perkataan (Ibnu Katsir, 2010).

Meskipun manfaat silaturahim sangat banyak, namun bukan mencari manfaat itu yang dicari tetapi niat karena Allah. Dengan begitu selain manfaat dan juga diluaskan rezeki maka juga akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. tidak perlu untuk menafikan manfaat dunia saja. Manfaat dunia bisa didapatkatapi bukan hal utama. Dan yang perlu diperhatikan bahwasanya bukan silaturahim yang memperluas rezeki tetapi Allah lah yang memperluas rezeki sebagai balasan terhadap niat ibadah yang diniatkan mulai dari awal

 

RECENT POSTS