Manfaat Minyak Wijen Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

No comment

Minyak wijen adalah minyak nabati yang berasal dari ekstrak biji wijen. Diyakini bahwa minyak “minyak biji minyak” yang terkenal, karena ketahanannya yang tinggi terhadap oksidasi, menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Manfaat minyak wijen untuk kesehatan dan kecantikan

Minyak wijen mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang mengandung asam oleat, asam palmitat dan asam linoleat. Minyak ini juga mengandung vitamin E, vitamin K dan dua bentuk antioksidan yang disebut sesamine dan sesamol. Kandungan lemak jenuh dalam minyak wijen juga relatif rendah.

Manfaat minyak wijen untuk kesehatan

Penggunaan minyak wijen sebagai bahan alternatif yang telah lama dilakukan oleh orang Asia bukan tanpa alasan. Beberapa manfaat minyak wijen untuk kesehatan dirangkum di bawah ini, yaitu:

Turunkan tekanan darah tinggi

Dipercaya bahwa manfaat minyak wijen mengurangi hipertensi. Ini didasarkan pada alasan bahwa minyak kaya lemak tak jenuh ganda yang baik untuk memotong kadar kolesterol.

Selain itu, minyak wijen juga mengandung dua bahan kimia yang memiliki karakteristik unik, yaitu sesamol dan sesamine. Keduanya memiliki sifat antioksidan yang kuat. Menurut para ahli yang telah memeriksa ini, diperkirakan bahwa efek dari dua antioksidan ini berkontribusi untuk mengurangi tekanan darah karena membantu untuk mengendurkan pembuluh darah.

 Baik untuk kesehatan jantung

Lemak tidak selalu buruk. Berbagai jenis lemak diperlukan untuk tubuh untuk meningkatkan energi, mendukung pertumbuhan sel dan melindungi organ-organ tubuh. Selain itu, lemak juga berguna untuk membantu menyerap nutrisi, membentuk hormon dan membantu tubuh tetap hangat. Masalahnya adalah banyak orang tidak mengerti sumber lemak sehat.

Minyak wijen itu sendiri diklasifikasikan sebagai salah satu minyak goreng yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Penelitian skala kecil menunjukkan bahwa konsumsi reguler minyak wijen dapat mengurangi risiko memblokir arteri jantung, tetapi penelitian klinis lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini.

  Ini mendukung penyembuhan luka

Manfaat minyak wijen juga dapat diterapkan untuk menyembuhkan luka, termasuk luka bakar ringan. Kandungan antioksidan, anti-inflamasi dan antimikroba dapat membantu proses pemulihan luka.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan minyak wijen juga dapat mengurangi rasa sakit ketika ada luka atau peradangan, menghambat efek penuaan kulit, untuk mengurangi risiko kanker kulit.

Sayangnya, penelitian klinis untuk mendukung hal ini belum menunjukkan data yang konsisten, sehingga penggunaan minyak wijen untuk mengatasi masalah kulit selain luka masih diragukan.

Manfaat minyak wijen untuk kecantikan

Manfaat minyak wijen untuk kecantikan juga tidak dapat dipisahkan dari komponen nutrisi yang dikandungnya. Selain obat-obatan dan diet, minyak wijen juga diproduksi dan dikemas dalam berbagai produk kecantikan, mulai dari pelembut hingga kulit hingga sabun. Berikut beberapa kelebihannya:

Minyak wijen dapat digunakan sebagai minyak pijat karena sifat pelembab yang baik untuk kulit.
Minyak wijen bersifat antibakteri dan dapat melawan kuman yang sering menyerang kulit, seperti staph dan streptococcus, dan jamur kulit yang menyebabkan kutu atau tinea pedis.
Lindungi kulit Anda dari radiasi ultraviolet.
Minyak wijen, terutama minyak wijen hitam, dapat digunakan untuk menghitamkan rambut.

Baca Juga :