Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

No comment

Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan – Daun sirih merah sebetulnya mempunyai kandungan yang tidak jauh bertolak belakang jika dikomparasikan dengan sirih hijau. Hanya saja sirih merah masih diperkaya dengan flavonoid. Dan masih jarang dijumpai,bahkan masih ada beberapa orang yang belum memahami khasiat dari daun sirih merah ini.

Manfaat Daun Sirih Merah

Menurunkan gula darah pada penderita diabetes.
Manfaat daun sirih guna diabetes ini datang dari kandungan antioksidan tingginya yang dapat mengurangi stres oksidatif penyebab kehancuran sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin. Penelitian yang sama pun melaporkan bahwa daun sirih tidak memiliki efek samping apapun yang butuh dikhawatirkan.

Meski begitu, ini bukan berarti daun sirih ialah satu-satunya penyembuhan diabetes yang mesti kita jalani. Jika Anda sudah diresepkan obat diabetes, usahakan konsultasikan dulu dengan dokter sebelum minum rebusan daun sirih guna meyakinkan tidak terdapat risiko efek samping atau interaksi yang bertabrakan dengan kerja obat. Dauh sirih hanya digunakan sebagai penyembuhan pendamping obat medis guna mengendalikan gejalanya, bareng dengan mengolah pola santap dan rajin olahraga.

Membantu menurunkan depresi
Beberapa riset mengindikasikan bahwa daun sirih dapat membantu mengendalikan fenomena depresi pada orang-orang yang memilikinya. Salah satu riset melaporkan, mengunyah dauh sirih atau meminum air rebusan daun sirih dapat merangsang otak guna memproduksi hormon bahagia serotonin yang lebih banyak.

Mempercepat pengobatan luka bakar
Manfaat daun sirih lainnya ialah mempercepat pengobatan luka, khususnya pada LUKA BAKAR. Hal ini masih dikaitkan dengan kandungan antioksidannya. Seseorang yang merasakan luka bakar pun mengalami stres oksidatif yang lumayan tinggi dalam tubuhnya. Stres oksidatif bakal menghambat proses pengobatan luka.

Daun sirih ialah antiseptik yang luar biasa, yang pun mampu menyerahkan perlindungan ganda dari infeksi kuman sebab tinggi kandungan polifenolnya.

Penangkal kanker
Antioksidan eugenol yang terdapat dalam rebusan dauh sirih hijau dan merah dapat menolong memerangi radikal bebas pemicu kanker pada penderita diabetes

Menjaga saluran pencernaan
Daun sirih hijau dan daun sirih merah diketahui dapat menolong meningkatkan buatan lendir yang mengayomi kesehatan drainase cerna. Produksi lendir akan menangkal luka pada dinding usus dan lambung yang bisa terjadi karena sekian banyak hal.

Manfaat daun sirih lainnya terhadap kesehatan drainase cerna ialah menormalkan pulang tingkat pH lambung guna meredakan maag, refluks asam lambung (asam lambung naik), dan rasa sakit yang timbul sebab perut kembung.

Di samping itu, daun sirih juga berfungsi untuk menambah metabolisme drainase cerna guna bekerja lebih baik lagi saat membuang seluruh materi limbah yang terdapat di dalam tubuh. Mengunyah daun sirih dapat menambah produksi air liur yang dapat mengikat dan melembutkan makanan. Dengan begitu, Anda dapat menelan dan mengantarkan makanan mengarah ke saluran cerna dengan lebih lancar. Hal ini tentu menolong memudahkan kerja sistem pencernaan Anda.

Artinya, mengonsumsi daun sirih dapat menolong Anda terhindar dari sembelit dan diare. Daun sirih pun merangsang usus guna menyerap nutrisi dan mineral urgen untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: