Makian Bisa Jadi Tanda Kejujuran

Makian Bisa Jadi Tanda Kejujuran

Makian Bisa Jadi Tanda Kejujuran

Makian Bisa Jadi Tanda Kejujuran
Makian Bisa Jadi Tanda Kejujuran

SUMPAH serapah sering kali dihubungkan dengan kemarahan dan kekasaran.

Namun, menurut psikolog, makian juga bisa bermakna positif yakni kejujuran. Demikian kesimpulan studi yang dimuat di jurnal Social Psychological and Personality Science, pekan ini. Menurut peneliti, orang-orang yang kerap

menggunakan makian cenderung lebih jujur dan jauh dari kebohongan. Meski kerap

dianggap tidak pantas, sumpah serapah bisa secara baik digunakan untuk mengekspresikan perasaan dan ketulusan. “Penemuan konsisten tersebut menunjukkan adanya hubungan positif yang kuat antara ungkapan kasar dan kejujuran,” demikian menurut studi.

Peneliti mencontohkan perilaku Presiden AS Donald Trump yang kerap bersumpah

serapah dalam pidato dan kampanyenya. Tindakan itu kerap dinilai lebih orisinal ketimbang para rivalnya. Menurut peneliti di University of Cambridge, David Stillwell, hubungan antara makian dan kebohongan cenderung mengandung muslihat. Memaki kerap dianggap tidak pantas, tapi itu juga bisa menjadi bukti bahwa seseorang mengungkapkan opini jujur. Untuk menghasilkan temuan itu, para penulis mempelajari 276 orang di laboratorium, interaksi sosial 73.789 orang di Facebook, dan mengukur nilai rata-rata umpatan terhadap indeks integritas untuk setiap negara bagian AS. (IFL Science/Dhk/L-2)

 

Baca Juga :