Laboratorium matematika picu belajar siswa

No comment

Laboratorium matematika picu belajar siswa

Laboratorium matematika picu belajar siswa

Laboratorium matematika picu belajar siswa

Mahasiswa dari Fakultas Matematika IPA (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta

(UNY), mengadakan workshop Laboratorium Matematika Sekolah Dasar (SD), untuk memperkenalkan bentuk laboratorium matematika kepada guru SD.

Ketua Tim Kholida Agustin mengatakan, setelah diadakan evaluasi workshop, guru-guru SD di Gugus III Kecamatan Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, telah mampu menyelenggarakan laboratorium matematika sekolah dasar secara tepat dan mandiri.

Laboratorium yang diselenggarakan adalah laboratorium tipe movable laboratory. Tipe laboratorium tersebut merupakan tipe yang memungkinkan guru menyelenggarakan laboratorium tanpa menggunakan ruangan khusus.

Sejumlah sekolah yang telah mengikuti workshop, kini mampu menyelenggarakan

laboratorium matematika secara mandiri,” kata Kholida, di Sleman, Yogyakarta, Kamis (25/7/2013).

“Seperti di SD BIAS, menyelenggarakan laboratorium matematika dengan menggunakan alat peraga timbangan duduk. Sedangkan SD Gentan menyelenggarakan laboratorium matematika dengan menggunakan alat peraga berupa garis bilangan untuk operasi bilangan bulat,” ungkapnya.

Sedangkan SD Dayuharjo menyelenggarakan laboratorium matematika dengan menggunakan sedotan dan model bangun datar. SD Ngebel Gede I menyelenggarakan laboratorium matematika dengan menggunakan alat peraga berupa kertas lipat untuk materi simetri lipat.

Selain Kholida, tim PKMM terdiri dari Rizki Lazuardi, Nidya Ferry Wulandari, dan

Suprihatin. Rizki menuturkan, sebelumnya mereka juga pernah menyelenggarakan workshop di SDN Gentan dalam 10 kali pertemuan. ”Dalam setiap workshop kami memberikan kepada guru untuk memanfaatkan sejumlah barang-barang yang ada di sekitar untuk dimanfaatkan sebagai alat peraga matematika,” ujarnya.

 

Sumber :

http://eventful.com/performers/m-joko-lukito-/P0-001-014219718-0