Kerangka Karangan(Outline)

Kerangka Karangan(Outline)

Kerangka Karangan(Outline)

Kerangka Karangan(Outline)
Kerangka Karangan(Outline)

1. Pengertian Kerangka Karangan

Kerangka karangan merupakan rencana penulisan yang memuat garis-

garis besar dari suatu karangan yang akan digarap, dan merupakan

rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur,

dan  teratur.

 

2. Manfaat Kerangka Karangan

  1. Untuk menjamin penulisan bersifat konseptual, menyeluruh, dan terarah.
  2. Untuk menyusun karangan secara teratur. Kerangka karangan dapat membantu penulis untuk menyusun semua gagasan yang telah dibuat supaya saling terhubung dan terkait satu sama lain sehingga tidak terlepas dari tema karangan yang dibuat.
  3. Memudahkan penulis menciptakan klimaks yang berbeda-beda. Tujuannya agar pembaca dapat terpikat secara terus menerus maka penyusunan klimaksnya harus diatur sedemikian rupa sehingga tercapai klimaks yang berbeda-beda dan pembaca pun semakin berminat membaca tulisan tersebut.
  4. Menghindari penggarapan topik dua kali atau lebih.  Ada kemungkinan suatu bagian perlu dibicarakan dua kali atau lebih, sesuai kebutuhan tiap bagian dari karangan itu. Namun penggarapan suatu topik sampai dua kali atau lebih tidak perlu, karena hal itu hanya akan membawa efek yang tidak menguntungkan.
  5. Memudahkan penulis mencari materi pembantu. Dengan mempergunakan rincian-rincian dalam kerangka karangan penulis akan dengan mudah mencari data-data atau fakta-fakta untuk memperjelas atau membuktikan pendapatnya. Atau data dan fakta yang telah dikumpulkan itu akan dipergunakan di bagian mana dalam karangannya itu.

 

3.  Macam-macam Pola Susunan Kerangka Karangan

a. Pola Alamiah

Susunan atau pola alamiah adalah suatu urutan unit-unit kerangka karangan sesuai dengan keadaan yang nyata di alam. Sebab itu susunan alamiah dapat dibagi lagi menjadi tiga bagian utama, yaitu berdasar urutan ruang, urutan waktu, dan urutan topik yang ada.

1) berdasar urutan ruang

2) berdasar urutan waktu

3) berdasar urutan topik yang ada

b. Pola Logis

Pola logis berdasar urutan:

1) klimaks – anti klimaks

2) umum – khusus

3) sebab – akibat

4) Proses

5) dan lain-lain.

Sumber : https://mlwcards.com/arena-masters-apk/