Kategori Gesture

Kategori Gesture

Kategori Gesture

Kategori Gesture

Emblem

Emblem merupakan terjemahan pesan non verbal yang melukiskan suatu makna bagi suatu kelompok sosial.


Ilustrator

Ilustrator merupakan tanda-tanda non verbal dalam komunikasi. Tanda ini merupakan gerakan anggota tubuh yang menjelaskan atau menunjukkan sesuatu. Beberapa bentuk-bentuk yang harus diperhatikan didalam ilustrator adalah sebagai berikut:


  1. Batons adalah suatu gerakan yang menunjukkan suatu tekanan tertentu pada suatu pesan yang disampaikan.
  2. Ideograps adalah gerakan yang membuat peta atau mengarahkan pikiran. Penampilan wajah sangat bergantung terhadap orang yang menggapi atau menafsirkannya.
  3. Deitic movements adalah gerakan untuk menunjukkan sesuatu.
  4. Apatial movements adalah gerakan yang melukiskan besar kecilnya ruangan.

  5. Kinetographs adalah gerakan yang menggambarkan tindakan fisik.

  6. Rhytmic movements adalah gerakan yang menunjukkan suatu irama tertentu.
  7. Pictographs adalah gerakan yang menggambarkan sesuatu di udara.
  8. Emblematic movements adalah gerakan yang menggambarkan suatu pernyataan verbal tertentu.

Batasan antara setiap bentuk ilustrator seperti uraian di atas biasanya kurang jelas karena seseorang tidak selalu menggunakann satu bentuk, tetapi beberapa bentuk non verbal sekaligus dalam berkomunikasi.


Adaptor

Adaptor merupakan gerakan anggota tubuh yang bersifat spesifik. Gerakan ini berfungsi menyebarkan atau membagi ketegangan anggota tubuh. Ada beberapa jenis adaptor antara lain:


  •  Self adaptor. Misalnya menggaruk kepala untuk menunjukkan kebingungan.
  • Alter adaptor merupakan gerakan adaptor yang diarahkan kepada orang lain. Misalnya mengusap-usap kepala orang lain sebagai tanda kasih sayang.

  • Obyek adaptor merupakan gerakan adaptor yang diarahkan kepada obyek tertentu. Gerakan adaptor sebenarnya gerakan seseorang yang menggambarkan perilaku ikonik dan intrinsik yang kadang-kadang secara sadar dilakukan pada dirinya sendiri; kecuali untuk orang lain maka adaptor bertujuan menumbuhkan interaksi dan komunikasi.


Regulator

Regulator merupakan gerakan yang berfungsi mengarahkan, mengawasi, mengkoordinasi interaksi sesama. Contoh, kita menggunakan kontak mata sebagai memperhatikan orang lain. Regulator merupakan tanda utama yang bersifat interaktif, bentuknya ikonik dan intrinsik.


Affect Display

Perilaku affect display selalu menggambarkan perasaan dan emosi. Wajah merupakan media yang paling digunakan untuk menunjukkan reaksi terhadap pesan yang direspons. Bentuk affect display bersifat intrinsik yang digunakan untuk fungsi interaktif dan informasi.


Jadi, dapat disimpulkan bahwa gesture memiliki berbagai macam kategori-kategori gerakan untuk membedakan maksud dari gerakan-gerakan yang kita keluarkan pada saat berkomunikasi agar lawan bicara kita dapat merespon dengan baik maksud dan tujuan kita.


Baca Juga :