Internet Lambat di Kantor Jadi Pemicu Para Pekerja Stres

No comment

Internet Lambat di Kantor Jadi Pemicu Para Pekerja Stres

Stres pada kegiatan bukan cuma disebabkan deadline atau tumpukan tugas. Penggunaan internet juga dapat menyebabkan stres. Bukan masalah konten dari internet tersebut. Kecepatan unduh dan unggah data dapat juga buat pikiran kusut.

Berdasarkan hasil riset dari perusahaan teknologi, Ericsson, pada tahun 2016, masa-masa tunggu yang lama saat loading web page dan/atau video dapat memunculkan peningkatan detak jantung dan tingkat stres. Rata-rata, masing-masing waktu loading yang lama mengakibatkan peningkatan denyut jantung sampai 38%.

Tingkat stres serupa dari lamanya masa-masa loading ini sama dengan stres yang didapat saat nonton film horor.

Hasil riset ini pun memperlihatkan bahwa kecepatan internet yang mengakibatkan data tidak loading dengan cepat dapat membuat orang tertekan, terutama sehubungan dengan tugas-tugas yang menggunakan data besar laksana unggah/unduh image atau file besar lainnya.

Menariknya, hasil ini didapatkan dari riset di negara-negara maju, yang kelambatan atau buffering datanya melulu 2-6 detik. Bayangkan bila dilaksanakan di negara-negara berkembang, laksana di Indonesia, yang mana kelambatan datanya lebih lama. Dampak stresnya pun dapat jadi lebih besar.

Baca Juga: