Gaya 2 Muslimah dan Anggota DPR Perempuan Saat Dilantik di Kongres AS

No comment

Gaya 2 Muslimah dan Anggota DPR Perempuan Saat Dilantik di Kongres AS

 

Gaya 2 Muslimah dan Anggota DPR Perempuan Saat Dilantik di Kongres AS

Jakarta Kongres AS yang baru menjadi paling beragam dalam sejarah. Pertama dari jumlah perempuan yang dilantik sebagai anggota DPR dan senat.

Kedua adalah bertambahnya perwakilan untuk Muslim-Amerika, penduduk asli Amerika, dan kelompok-kelompok marginal atau yang terpinggirkan. Mereka telah disumpah pada Kamis (3/1) dalam pelantikan Kongres baru dan pastinya menjadi sorotan dunia.

Kongres baru AS juga ditandai dengan new dress code. Di antara busana resmi klasik seperti suits dan aksesori mutiara, terlihat mereka yang memakai busana untuk merepresentasikan budaya atau bermakna simbolis.

Ya, di hari pertama bekerja, mereka menunjukkan best fashion moment untuk mewakili Amerika Serikat kini. Melansir dari refinery29.com dan berbagai sumber, berikut gaya pertama ngantor para perempuan anggota DPR kongres baru AS saat menjalani sumpah jabatan.

Gaya 2 muslimah pertama yang jadi anggota di DPR

Adalah Rashida Tlaib dari Michigan dan Ilhan Omar dari Minnesota yang menjadi dua wanita muslim pertama yang jadi anggota DPR AS. Rashida memilih memakai jubah tradisional dengan pattern rumit kombinasi warna merah dan hitam.

Melansir dari voaindonesia, Tlaib menceritakan thobe yang dipakainya merupakan buatan sang ibu yang pindah ke Amerika dari Tepi Barat saat usia 20 tahun. Motif pada gaun yang dikenakannya disebut memuat jejak sejarah turun-temurun keluarga Tlaib di Beit ‘Ur al-Foqa, dekat Ramallah.

Sementara Ilhan Omar tampil dengan hijab warna cerah perpaduan merah dan orange serta maxi dress warna putih. Busana putih menggambarkan kebangkitan gerakan hak pilih perempuan.

Ilhan sekaligus menjadi perempuan berhijab pertama yang menjadi anggota DPR AS. Dalam momen pengambilan sumpah, ia sempat mengganti dua kali model hijabnya, menjadi turban dan jilbab klasik yang menutupi lehernya.

Keduanya disumpah dengan Al-quran milik mantan Presiden AS Thomas Jefferson.

Busana Tradisonal Pribumi

Deb Haaland adalah perwakilan dari New Mexico serta seorang perempuan pribumi pertama yang terpilih jadi anggota Kongres. Ia memakai pakaian tradisional yang senada dengan sang ibu.

Anggota Kongres AS Perempuan Termuda

Memakai busana serba putih, Alexandria Ocasio-Cortez dari New York menjadi anggota termuda yang terpilih menjadi anggota Kongres. Terlihat ia sedang ber-selfie dengan rekan-rekannya, termasuk Barbara Lee dari California yang memakai outer warna kuning dari kain kente.

Anggota Kongres kulit hitam sebelumnya tersebut memakai busana tradisional asli Ghana Barat untuk memprotes pernyataan Donald Trump tentang negara-negara Afrika.

Anggota Kongres AS perempuan lainnya yang memakai putih adalah Lucy McBatch. Ia memakai blazer putih dengan inner pink.

Sementara Kyrsten Sinema dari Arizona adalah senator biseksual pertama dalam sejarah AS dan senator LGBT kedua. Ia memilih coat warna pink pastel dengan kerah berbulu warna senada.

 

Sumber: https://www.modelbajumuslimbatik.com/