GANGGUAN KESEHATAN BAGI PARA PENGGUNA NARKOBA

GANGGUAN KESEHATAN BAGI PARA PENGGUNA NARKOBA

GANGGUAN KESEHATAN BAGI PARA PENGGUNA NARKOBA

GANGGUAN KESEHATAN BAGI PARA PENGGUNA NARKOBA

Bagaikan 2 sisi mata uang yang selalu bersisian, obat sebenarnya bisa bermanfaat bagi tubuh kita tetapi sekaligus berbahaya. Jika obat yang kita gunakan itu sudah sesuai aturannya, dosisnya, dan bahkan di bawah pengawasan dokter maka penggunaannya pun akan akan lebih efektif demi kesehatan. Tetapi jika disalahgunakan, maka efeknya akan sangat berbahaya bahkan bisa menimbulkan kematian.

Apalagi jika penggunaannya tidak menurut pengawasan dokter dan tidak didasari dengan tujuan yang tepat. Itulah sebabnya ada sebagian jenis obat-obatan yang hanya bisa dikonsumsi menurut resep dari dokter, dan harus dalam pengawasan yang tepat. Karena penyalahgunaan narkoba atau narkotika ini, dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan kita.

Untuk gambarannya, berikut ini ada beberapa bahaya pada penggunaan narkoba terhadap kesehatan tubuh. Diantaranya adalah :

1. MENGGANGGU KONDISI OTAK DAN TUBUH PADA SESEORANG

Narkoba dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam menjalankan hidup yang sehat, dan ketika mengambil keputusan yang benar. Apalagi pengaruh obat-obatan tersebut akan berdampak dalam jangka waktu yang panjang.

2. ADANYA PERUBAHAN SEL SARAF PADA OTAK

Jika seseorang mengkonsumsi narkoba dalam jangka waktu yang panjang, maka hal itu akan memicu perubahan yang terdapat pada sel saraf di bagian otak. Yang kemudian akan juga mengganggu komunikasi yang terdapat antar sel saraf di otak. Bahkan setelah konsumsi dihentikan, efek ini akan memakan waktu yang tidak sebentar untuk benar-benar hilang.

3. MUNCULNYA DEHIDRASI

Bahaya narkoba lainnya dari jenis ekstasi yaitu, dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan pada elektrolit dalam tubuh. Hal ini akan memunculkan efek lain yang lebih berbahaya yaitu penggunanya akan mengalami kejang-kejang, serangan panik, munculnya halusinasi, sakit pada dada dan perilaku agresif.

Jika digunakan dalam jangka panjang maka hal itu bisa menimbulkan kerusakan parah pada otak.

4. MERASA KEBINGUNGAN DAN HILANG INGATAN

Untuk beberapa golongan obat-obatan seperti misalnya asam gamma-hidroksibutirat dan rohypnol maka efeknya bisa mengakibatkan efek sedative, kebingungan, kehilangan ingatan, adanya perubahan pada perilaku, dan koordinasi tubuh yang terganggu serta menurunnya tingkat kesadaran.

5. MUNCULNYA BERAGAM HALUSINASI

Untuk penggunaan mariyuana atau ganja dapat menyebabkan beberapa efek tertentu seperti halusinasi, muntah, peningkatan tekanan darah dan denyut nadi, gangguan kecemasan, kebingungan dan bahkan paranoia. Sedangkan untuk efek jangka panjang dari mariyuana ini adalah munculnya gangguan mental, seperti depresi dan gangguan kecemasan.

6. KEJANG-KEJANG SAMPAI KEMATIAN

Bahaya narkoba bagi tubuh kita pada jenis narkoba berupa metamfetamin, atau yang lebih dikenal dengan nama sabu-sabu, kokain, dan opium adalah munculnya berbagai efek buruk. Seperti misalnya perilaku psikotik, kejang-kejang, dan bahkan bisa menimbulkan overdosis yang menyebabkan kematian.


Sumber: https://konveksipekanbaru.co.id/peninsular-war-battles-apk/