FUNGSI PAJAK BAGI NEGARA DAN JUGA BAGI RAKYAT

FUNGSI PAJAK BAGI NEGARA DAN JUGA BAGI RAKYAT

FUNGSI PAJAK BAGI NEGARA DAN JUGA BAGI RAKYAT

FUNGSI PAJAK BAGI NEGARA DAN JUGA BAGI RAKYAT

Oleh karena itu pajak ini memiliki fungsi-fungsinya tersendiri, yang diantaranya yaitu :

1. SEBAGAI FUNGSI ANGGARAN ATAU BUDGETER

Pajak merupakan sumber pemasukan keuangan bagi suatu Negara, dan sumber keuangan Negara. Yaitu dengan cara mengumpulkan dana atau uang yang berasal dari wajib pajak yang masuk ke kas Negara, dengan tujuan untuk membiayai pembangunan nasional atau pun pengeluan Negara lainnya.

Sehingga fungsi dari pajak ini adalah menjadi sumber pendapatan Negara, yang memiliki tujuan dalam menyeimbangkan pengeluaran Negara dengan pendapatan Negara.

2. MEMILIKI FUNGSI MENGATUR ATAU SEBAGAI FUNGSI REGULASI

Pajak sudah menjadi alat dalam melaksanakan atau pun mengatur kebijakan Negara, di dalam lapangan social maupun ekonomi. Fungsi dalam mengatur tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Pajak dapat digunakan sebagai penghambat laju inflasi.
  • Pajak dapat digunakan sebagai alat untuk mendorong berbagai kegiatan misalnya kegiatan ekspor, contohnya yaitu pajak ekspor barang.
  • Pajak dapat memberikan proteksi atau perlindungan, terhadap setiap barang yang diproduksi di dalam negeri. Misalnya saja pajak yang terdapat pada Pajak Pertambahan Nilai atau Ppn.
  • Pajak dapat mengatur atau menarik investasi modal yang membantu perekonomian agar semakin produktif lagi.

3. MEMILIKI FUNGSI PEMERATAAN ATAU YANG DISEBUT SEBAGAI PAJAK DISTRIBUSI

Pajak juga dapat digunakan untuk menyesuaikan dan menyeimbangkan yaitu antara pembagian pendapatan, dan dengan kebahagiaan serta kesejahteraan masyarakat.

4. SEBAGAI FUNGSI STABILISASI

Pajak juga dapat digunakan untuk menstabilkan kondisi, dan keadaan di dalam perekonomian. seperti misalnya untuk mengatasi inflasi, pemerintah akan menetapkan pajak dengan tariff yang tinggi sehingga jumlah uang yang telah beredar pun dapat dikurangi. Untuk mengatasi adanya kelesuan dalam perekonomian atau deflasi, pemerintah dapat menurunkan pajak.

Hal itu dilakukan dengan tujuan agar jumlah uang yang beredar dapat ditambahkan lagi, sehingga deflasi pun akhirnya dapat diatasi.

Keempat fungsi dari pajak tersebut adalah fungsi pajak yang pada umumnya dapat dijumpai di berbagai Negara. Untuk Negara Indonesia saat ini, pemerintah biasanya lebih menitikberatkan pada 2 fungsi pajak yang disebutkan pertama kali. Karena lembaga pemerintahan di Indonesia yang mengelola bagian perpajakan, adalah Direktorat Jendral Pajak (DJP) yang berada di bawah kementrian keuangan RI.

Tanggung jawab dalam hal membayar pajak berada pada anggota masyarakat itu sendiri, dan untuk memenuhi kewajiban tersebut harus disesuaikan dengan system self assessment yang sudah dianut di dalam system perpejakan Indonesia. DJP juga sesuai fungsinya memiliki kewajiban dalam melakukan pembinaan, penyuluhan, pelayanan dan pengawasan kepada setiap masyarakat.


Baca Juga :