Definite Pronoun

No comment

Definite Pronoun

Definite Pronoun

Definite Pronoun

Pronoun adalah

Pronoun adalah kata yang digunakan untuk mengganti kata benda (noun). Kata ganti mempunyai fungsi yang sama dengan kata benda; yaitu dapat digunakan sebagai subjek atau objek kalimat. Kata Ganti ini digunakan untuk menghindari pemakaian kata benda yang sama secara berulang-ulang di dalam suatu kalimat atau paragraph. Berdasarkan jenis kata benda yang digantikannya, pronoun dibedakan menjadi Personal Pronoun dan Impersonal Pronoun.

Personal Pronoun adalah kata ganti yang menggantikan kata benda manusia, seperti: man, woman, boy, girl, student, Amir, John, brother, sister, dan lain sebagainya. Sementara Impersonal Pronoun adalah kata ganti yang menggantikan kata benda bukan manusia, seperti: car, chair, table, cat, dog, fish, sheep, building, ear, eyes, finger, tree, flower, dan lain sebagainya. Baik personal maupun impersonal pronoun masih dapat dibedakan, berdasarkan jumlah benda yang digantikannya, yaitu: singular dan plural. Bentuk singular atau tunggal digunakan apabila jumlah benda yang digantikannya satu, sementara bentuk plural atau jamak digunakan apabila jumlah benda yang digantikannya lebih dari satu.
Cara penggunaan Pronoun ini harus disesuaikan dengan bentuk dan fungsinya di dalam kalimat. Di samping itu juga harus dilihat jenis Pronoun yang digunakan. Berdasarkan jenisnya, pronoun masih dapat dibedakan menjadi Definite Pronoun dan Indefinite Pronoun.

Definite Pronoun

Definite Pronoun adalah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan benda yang sudah diketahui atau dengan kata lain menggantikan benda-benda yang sudah pernah disebutkan sebelumnya. Harus diingat bahwa bentuk pronoun yang digunakan disesuaikan dengan posisi atau fungsi di dalam kalimat yang sebagai subjek kalimat, objek kalimat atau yang menyatakan kata ganti milik (possessive pronoun). Tabel berikut ini menunjukkan bentuk-bentuk pronoun berdasarkan posisi dan fungsi di dalam kalimat.

Contoh :

Amir is a student. He is a clever student.
Waty likes cooking. She is a good cook.
The car is very expensive. We cannot buy it.
Amir and John are my classmate. They often visit me on Sunday.
Mr. Sukarman and I are in the office now. We are discussing about business.

Sumber : https://www.ilmubahasainggris.com/