Contoh Soal Esai USBN Bahasa Indonesia

No comment

Contoh Soal Esai USBN Bahasa Indonesia

Contoh Soal Esai USBN Bahasa Indonesia

Contoh Soal Esai USBN Bahasa Indonesia

Setelah beberapa tahun ini ada wacana penambahan soal esai USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional), akhirnya pemerintah memutuskan untuk menggunakan soal esai pada USBN pada tahun ini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun telah menetapkan hanya tiga mata pelajaran yang diujikan dalam USBN 2018 bagi peserta didik kelas 6, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Sebelumnya beredar wacana di masyarakat bahwa USBN 2018 ini akan diterapkan ujian dengan jumlah 8 mata pelajaran.

Dilansir dari website Kemendikbud, Kepala Balitbang Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan bahwa porsi soal yang diberikan adalah 90 persen berbentuk pilihan ganda dan sekitar 10 persen berbentuk esai. Dia beralasan selama ini, ujian sekolah selalu diberikan bentuk soal pilihan ganda sehingga siswa sering berpikir spekulatif dan siswa tidak terbiasa berargumen karena serba pilihan ganda.

(Baca juga: Kumpulan Soal Latihan USBN Lainnya)

Nah, kali ini DapurImajinasi sebagai salah satu ruang belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia akan memberikan contoh-contoh soal esai USBN 2018 dan jawabannya. Menurut berita, soal esai akan diberikan dengan porsi 10 persen. Jika selama ini soal Bahasa Indonesia terdiri atas 50 soal, maka soal esai kemungkinan hanya akan ada 5 soal.

Contoh Soal Esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 Paket I

Mendekati waktu USBN SD yang rencananya diadakan sekitar bulan Mei, sekarang mulai banyak yang mencari soal esai USBN Bahasa Indonesia. Berikut, DapurImajinasi sajikan contoh soal esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 paket I.

1. Tulislah ide pokok paragraf berikut!
Ada cara untuk mengetahui keadaan cairan di tubuh kita. Caranya dengan melihat warna urine kita. Jika urinenya berwarna kuning pekat, itu tandanya kekurangan cairan. Namun, jika warna urine kita putih, itu tandanya cairan dalam tubuh kita sudah cukup.
2. Tulis ulang dan lengkapi pantun berikut dengan larik yang tepat!
Anak burung belajar terbang
….
….
Agar selamat di dunia akhirat
3. Perbaiki kalimat-kalimat berikut dengan ejaan yang tepat!
a. ibu membeli aneka kue jajanan pasar serabi lemper dan klepon di pasar legi
b. orang keturunan bangsa inggris yang sedang membeli kunci inggris di toko inggris itu ternyata tidak bisa bahasa inggris.
4. Buatlah percakapan singkat dengan tema “Keindahan Alam Indonesia”!
5. Buatlah sebuah paragraf deskripsi dengan tema “Lingkungan Sekolah”.

Sumber ; https://sorastudio.id/guild-of-heroes-apk/