Cara Budidaya Sayuran Organik di Rumah

No comment

Cara Budidaya Sayuran Organik di Rumah

Budidaya Sayuran Organik – Cara budidaya sayuran organik ini sebenarnya cukup mudah, hanya saja bagi pemula kadang kala mengalami kesulian didalam memulainya. Sebagian dari mereka mengaku kurang yakin perihal cara berbudidaya yang benar sesuai dengan kesimpulan mereka. Karena masalah tersebutlah tak jarang dari mereka melacak sebagian refrensi di internet untuk masalah budidaya sayuran organik tersebut. Dan kalau Anda tengah membaca artikel ini, maka Anda sudah berada di area yang tepat. Karena di sini kita dapat membahas perihal cara mudah berbudidaya sayuran organik, spesifik untuk budidaya di rumah.

Sebenarnya tersedia 2 cara untuk jalankan budidaya sayuran organik di rumah ini, diantaranya lewat fasilitas tanah langsung dan tidak langsung seperti polybag dan sejenisnya. Namun, di sini kita hanya dapat membahas perihal metode membudidayakan sayuran organik gunakan fasilitas polybag atau yang lainnya.

Cara Budidaya Sayuran Organik di Rumah yang Benar
Yang namanya organik, itu berarti Anda tidak diperbolehkan gunakan pupuk kimia atau buatan dan pestisida lainnya didalam penerapan metodenya. Disini Anda hanya diperbolehkan gunakan bahan-bahan alami untuk penerapannya.

Budidaya sayuran organik didalam polybag atau pot
Untuk penanaman sayuran organik dengan gunakan polybag atau pot sebagai fasilitas tanamnya, tersedia sebagian cara yang mesti Anda terapkan. Berikut sebagian langkahnya yang dapat kamu contoh.

Pembibitan sayuran
Langkah pertama yang mesti jalankan untuk memulai budidaya sayuran organik ini adalah dengan buat persiapan bibit sayurannya lebih-lebih dahulu. Untuk pembibitan sendiri dapat kamu jalankan dengan penyemaian benih pada fasilitas semai yang sudah dippersiapkan lebih-lebih dahulu. Media tanam sendiri dapat dibuat dari campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 3. Manfaatkan saja area pesemaian yang datar dan lebar, seperti bak semai atau sejenisnya. Semaikan benihnya pada fasilitas semai, dan sesudah itu biarkan benih tumbuh dan berdaun. Lakukan penyiraman secara tertata dan rutin sehingga bibit dapat tumbuh lebih cepat.

Persiapan fasilitas tanam
Setelah bibit mulai tumbuh besar, cara selanjutnya yang mesti Anda jalankan adalah buat persiapan fasilitas tanamnya. Dalam masalah ini adalah Ada mesti buat persiapan polybag atau pot dan campuran tanah dan kompos. Silahkan Anda siapkan saja polybag atau potnya, lalu isikan dengan campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 1 : 2. Namun, pada mulanya kamu dapat membuat semacam green house untuk area sayurannya sehingga tetap terlindungi dari cahaya matahari langsung pas terik matahari.

Penanaman bibit
Langkah budidaya sayuran organik didalam pot atau polybag yang selanjutnya adalah mulai menanamkan bibit pada fasilitas tanam. Silahkan Anda cabut bibitnya secara perlahan, tetapi jangan hingga akarnya putus. Bila mesti ambil beserta tanahnya. Taruh pada polybag atau pot yang sudah diisi fasilitas tanam dan sudah diberi lubang sebelumnya. Tanamkan bibit sayuran hingga tertanam sempurna.

Perawatan sayuran organik
Yang tak kalah pentingnya didalam budidaya sayuran organik di rumah ini adalah perawatan. Anda mesti lebih rajin dan berikan perhatian yang lebih untuk sayuran organik. Misalnya saja tetap menyiramnya secara rutin dan teratur, jalankan penyiangan, pengendalian hama dan dukungan pupuk susulan.

Pemanenan
Untuk masa panen sendiri bergantung dari type sayuran organik yang Anda budidayakan. Anda dapat mengira-ngiranya sendiri apakah sayuran organik yang Anda tanam sudah waktunya panen atau belum.

Budidaya sayuran organik Vertikultur
Untuk cara budidaya sayuran organik vertikultur ini sebenarnya hampir serupa dengan cara budidaya didalam polybag atau pot diatas. Yang membedakan cuman pada fasilitas tanamnya yang bisanya didalam cara vertikultur ini gunakan selang atau pipa. Selebihnya, mulai dari cara pembibitan, penyiapan fasilitas tanam, penanaman, dan perawatannya adalah sama.

Demikian tadi cara budidaya sayuran organik di rumah yang dapat kita bagikan kepada Anda. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Selengkapnya : https://www.lele.co.id/