Cara alami untuk mengencangkan kulit rileks setelah melahirkan

No comment

Relaksasi kulit setelah melahirkan membuat ibu baru kurang aman. Ini adalah hasil pertambahan berat badan selama kehamilan, sehingga kulit yang semula teregang melonggarkan. Segera setelah melahirkan, kulit yang sudah berbaring sulit untuk kembali ke bentuk aslinya. Jadi, adakah cara untuk mengencangkan kulit yang kendur secara alami?

Cara alami untuk mengencangkan kulit rileks setelah melahirkan

Setiap wanita yang baru saja melahirkan sangat membutuhkan tubuh yang ramping dan kulit yang kencang seperti sebelum kehamilan. Tenang, ini bukan hanya mimpi, sungguh!

Ya, Anda dapat menemukan kulit kencang dan bercahaya setelah melahirkan. Saat merawat anak Anda, lakukan cara alami berikut untuk mengencangkan kulit yang rileks setelah melahirkan.

1. Jaga pola makan Anda
Makanan sehat adalah kunci kesehatan mental
Selain mempercepat proses pemulihan, mengelola diet pascapersalinan yang baik juga bisa membantu mengencangkan kulit, lho! Agar kulit Anda menjadi tegang dan kenyal, cobalah menambahkan berbagai sumber protein ke dalam diet Anda.

Sumber makanan protein seperti telur, daging dan kacang-kacangan sangat baik untuk perkembangan otot tubuh. Protein juga mengandung kolagen yang dapat membantu mengencangkan kulit yang rileks, baik di lengan, paha, perut, wajah dan bagian tubuh lainnya.

Menurut angka kecukupan gizi dari Kementerian Kesehatan Indonesia, total kebutuhan protein wanita berusia 19 hingga 49 tahun adalah sekitar 56-57 gram. Sekarang, karena Anda menyusui, Anda harus menambahkan 20 gram protein ke makanan Anda setiap hari.

2. Minumlah banyak air

Anda tidak hanya dapat memuaskan dahaga, minum cukup air setiap hari juga dapat membuat kulit Anda lebih elastis. Semakin sering Anda minum air putih, kondisi kulit akan menjadi lebih lembab dan akhirnya secara bertahap akan mengurangi kulit kendur.

Minum air putih juga bisa membantu membakar lemak di tubuh dan mengurangi penumpukan air di perut. Akibatnya, kulit yang kendur di perut akan mengencang perlahan dan membuat Anda terlihat setipis sebelum hamil.

3. Olahraga teratur
berolahraga sambil menonton TV
Apakah Anda mengatur pola makan dan minum cukup air? Jangan lupa untuk menyeimbangkan diri Anda dengan olahraga teratur, ya! Tidak hanya itu membantu Anda menurunkan berat badan, olahraga postpartum juga dapat membantu mengencangkan kulit kendur di berbagai bagian tubuh.

Tidak perlu khawatir untuk mencoba olahraga intensitas tinggi sehingga lemak pada kulit berkurang dengan cepat. Anda dapat melakukan olahraga kardio ringan seperti jalan cepat, jogging, berenang, atau bersepeda, selama itu dilakukan terus-menerus.

Jika Anda terbiasa, tambahkan latihan kekuatan untuk membangun dan mengencangkan otot. Mulai dengan yang sederhana seperti sit-up dan push-up, atau Anda juga bisa mengikuti kelas yoga atau pilates. Gerakan-gerakan ini dapat mengencangkan otot inti, pinggul, dan bokong untuk waktu yang lama.

Agar lebih aman, Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda tentang waktu dan jenis latihan yang tepat untuk Anda. Ini bertujuan untuk menghindari risiko cedera yang mungkin terjadi selama olahraga sesudahnya.

4. Menyusui dengan rajin
makan pedas saat menyusui
Siapa yang mengira bahwa menyusui bisa menjadi cara terbaik untuk mengencangkan kulit setelah melahirkan? Selain menjadi sumber nutrisi yang sehat untuk anak-anak, menyusui juga bermanfaat bagi kesehatan ibu.

Selama menyusui, kalori dalam tubuh Anda akan diubah menjadi susu untuk bayi Anda. Lebih banyak menyusui, sedikit lemak di tubuh Anda. Bahkan, para ahli mengungkapkan bahwa ibu menyusui cenderung menurunkan berat badan lebih cepat daripada ibu yang tidak menyusui.

5. Pijat dengan minyak esensial
menghilangkan stres
Minyak atsiri memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat meningkatkan tekstur kulit. Untuk hasil maksimal, coba gunakan minyak almond atau minyak kelapa, yang efektif dalam menghilangkan stretch mark di perut.

Oleskan minyak esensial pada perut, lengan atau kaki, lalu pijat dengan lembut. Pijatan rutin setelah melahirkan membuat aliran darah di bawah kulit lebih banyak cairan, sehingga kulit menjadi lebih kencang.

Dengan kata lain, kombinasi pijatan dan minyak esensial dapat memaksimalkan upaya Anda untuk mengencangkan kulit yang rileks setelah melahirkan. Apalagi jika dilakukan secara rutin, kulit akan lebih sehat, lebih kencang dan bercahaya.

Baca juga :