BKGN, FKG Layani Periksa Gigi Gratis

No comment

BKGN, FKG Layani Periksa Gigi Gratis

BKGN, FKG Layani Periksa Gigi Gratis

BKGN, FKG Layani Periksa Gigi Gratis

BANDUNG – Dalam kegiatan Bukan Kesehatan Gigi Nasional, beberapa kampus di Indonesia gelar pemeriksaan gigi gratis untuk masyarakat. Seperti yang terjadi di kampus FKG Unpad, Senin (2/11). Ratusan anak SD datang untuk sikat gigi bersama dan periksa gigi.

“Ini merupakan bagian dari kegiatan Bukan Kesehatan Gigi Nasional, yang kita gelar bekerjasama dengan Unilever, Persatuan Dokter Gigi Indonesia dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia, dimana kita kembali mengkampanyekan tentang kesehatan gigi diantaranya dengan membiasakan gosok gigi setelah sarapan dan sebelum tidur, juga memeriksakan gigi paling tidak 6 bulan sekali” ujar Dekan FKG Unpad Dr. Nina Djustina, drg., M.Kes.

Menurut Nina, di Bandung sendiri ada dua kampus yang menggelar pemeriksaan

gigi gratis yaitu Unpad dan Universitas Kristen Maranata.
“Unpad gelar peemeriksaan tanggal 2 sampai 4 November, sedangkan di Maranata tanggal 19 sampai 21 November” ujarnya.

Selain Unpad dan Maranata, beberapa kampus di Indonesia juga menggelar kegiatan yang sama serenrak selama bulan November. (Pun)

Permasalahan Gigi di Jabar Masih Tinggi

BANDUNG – Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013, persentase permasalahan

gigi dan mulut di Jawa Barat mencapai 28% atau lebih tinggi dari persentase angka

nasional sebesar 25,9%. Padahal , keterjangkauan/kemampuan untuk mendapatkan layanan dari tenaga medis di Jabar adalah 9,4% sedikit melibihi angka nasional. Hal itu diungkapkan Dekan FKG Unpad Dr. Nina Djustiana, drg., M.Kes, Senin (2/11).

“Berdasarkan data itu, upaya promotif dan preventif penting dilakukan agar dapat

mencegah terjadinya penyakit gigi dan mulut sejak dini” ujarnya.
Upaya yang dapat dilakukan adalah melalui edukasi pola menyikat gigi yang benar.

“Pola menyikat gigi yang benar itu adalah dua kali, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Edukasi itu bisa dilakukan melalui pelayanan kesehatan gigi sederhana yang diberikan secara gratis” katanya.

Dalam pelaksanaan BKGN 2015, menurut Nina, FKG Unpad menyediakan fasilitas dental unit sebanyak 115 nuah dengan 314 tenaga medis.(Pun)

 

Baca Juga :