Bidang Politik

Bidang Politik

  1. Politik secara umum

Politik berasal dari kata politics yang mengandung makna kekuasaan(pemerintah) atau policy yang berarti kebijaksanaan. Di Indonesia. Kita tidak memisahkan politics dari policy. Yang berfungsi sebagai penentu kebijaksanaan dan ingin mewujudkan aspirasi serta tuntutan masyarakat. Karena itu, kebijaksanaan pemerintahan negara tersebut harus serasi dan selaras dengan keinginan dan aspirasi masyarakat.

  1. Politik di Indonesia

Politik di Indonesia, yang harus dilihat dalam konteks ketahanan Nasional, meliputi 2 bagian yaitu:

  1. Politik Dalam Negeri

Adalah kehidupan politik dan kenegaraan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang mampu menyerap aspirasi dan dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam satu sistem.

  1. Politik Luar Negeri

Adalah salah satu sarana pencapaian kepentingan nasional dalam pergaulan antarbangsa. Politik luar negeri indonesia yang berlandaskan pada Pembukaan UUD 1945 melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial, serta anti penjajahan karena tidak sesuai dengan peri kemanusian dan peri keadilan.

3)      Ketahanan pada Aspek Ideologi

       Ideologi mengandung konsep dasar tentang kehidupan yang dicita-citakan oleh suatu bangsa. Keampuhan suatu ideologi tergantung pada rangkaian nilai yang dapat memenuhi serta menjamin segala aspirasi kehidupan manusia baik sebagai individu maupun anggota masyarakat.

Ketahanan ideologi diartikan sebagai kondisi dinamika kehidupan ideologi bangsa indonesia. Ketahanan ini mengandung keuletan dan ketangguhan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan serta gangguan dari luar maupun dari dalam secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka menjamin kelangsungan kehidupan ideologi bangsa dan negara Republik Indonesia.

 

RECENT POSTS