BENTUK PERUBAHAN SOSIAL

BENTUK PERUBAHAN SOSIAL

BENTUK PERUBAHAN SOSIAL

BENTUK PERUBAHAN SOSIAL

1.BENTUK EVOLUSI

Perubahan sosial memiliki beberapa bentuk yang salah satunya adalah bentuk evolusi, bentuk ini merupakan bentuk dimana perubahan sosial dapat terjadi karena adanya perkembangan masyarakat itu sendiri. Terutama perkemkembangan manusia dalam memenuhi kebutuhannya, yang semakin lama akan mendorong manusia untuk mengalami perubahan sosial tersebut.

Perubahan ini cenderung terjadi dalam jangka waktu yang lama, dikarenakan adanya tahapan demi tahapan yang dilalui manusia dalam memenuhi kebutuhan. Mulai dari berburu hingga menanam makanan sendiri telah berlangsung dari nenek moyang sampai di zaman sekarang, dan jika dihitung memakan waktu ratusan tahun lamanya.

Bukan hanya kebutuhan makanan saja namun kebutuhan lainnya juga dapat mendorong manusia untuk mengalami perubahan sosial. Salah satunya adalah kebutuhan akan efektivitas serta efisiensi waktu, sehingga muncul banyak solusi untuk menanganinya dan disinilah secara tidak langsung telah terjadi perubahan sosial dari masyarakat itu sendiri.

2. BENTUK REVOLUSI

Bentuk revolusi adalah perubahan sosial yang terjadi karena adanya konflik atau perbedaan dalam kehidupan masyarakat. Bentuk ini terjadi relatif cepat dan tidak dapat diduga sebelumnya, sehingga sangat sangat rawan terjadi perpecahan jika perubahan secara revolusi terjadi.

Maka dari sinilah peran pemerintah sangat diperlukan untuk menangani perubahan revolusi dengan membuat peraturan atau perundang undangan yang berlaku untuk mengatur semua masyarakat yang ada.


Sumber: https://konveksipekanbaru.co.id/slayaway-camp-apk/