Bantu Mahasiswa Lanjut Studi ke Korea Selatan, IPB Gelar Sharing Session

No comment

Bantu Mahasiswa Lanjut Studi ke Korea Selatan, IPB Gelar Sharing Session

Bantu Mahasiswa Lanjut Studi ke Korea Selatan, IPB Gelar Sharing Session

Bantu Mahasiswa Lanjut Studi ke Korea Selatan, IPB Gelar Sharing Session

Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan University of Science and Technology (UST) Korea Selatan sukses menggelar “UST Scholarship Sharing Session” di Ruang Sidang Rektor, Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga, Bogor, Rabu (3/10/2018).

Acara ini diadakan dalam rangka menyaring mahasiswa atau alumni IPB agar bisa mengenal UST dan tertarik untuk mengambil beasiswa kesana.

UST Korea Selatan memiliki alumni-alumni yang tergabung menjadi satu kesatuan volunteer untuk menyebarkan informasi-informasi seputar beasiswa UST, terutama di sepuluh perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Pemerintah Korea Selatan memiliki banyak dana riset yang dikeluarkan dalam

bentuk beasiswa di perguruan tinggi riset.Banyak alokasi dana yang bisa menampung banyak mahasiswa untuk mendapat beasiswa.

Menghadirkan Muhammad Ridwan, Ph.D, alumni penerima beasiswa UST, acara ini diisi dengan sharing dan diskusi seputar beasiswa UST dan kehidupan kuliah di Korea Selatan. Acara yang dihadiri oleh mahasiswa S1, S2, dan alumni IPB ini diikuti dengan antusias oleh para peserta.

Ridwan menjelaskan bahwa UST adalah universitas milik Pemerintah Korea Selatan dengan fokus pendidikan pascasarjana berbasiskan penelitian. UST ini membawahi 32 institusi penelitian di Korea Selatan. Adapun program studi yang tersedia diantaranya natural science, nano technology, biotechnology, environmental technology, information technology, dan space technology.

Ridwan sendiri sudah tinggal di Korea Selatan selama tujuh tahun. Menurutnya,

setiap tahun UST membutuhkan mahasiswa untuk menjalankan penelitian-penelitian. Para alumni UST juga terkadang diminta memberikan rekomendasi mahasiswa yang akan menjadi kandidat penerima beasiswa tersebut.

Selain itu, Ridwan juga memberikan tips dan trik agar aplikasi mahasiswa bisa diterima di UST. “Yang terpenting kalian harus menentukan dahulu program studi dan penelitian kalian. Setelah itu bisa coba kontak calon profesor, kenali profilnya dengan membaca tulisan-tulisannya di jurnal-jurnal beliau. Selain itu, personal statement, sertifikat bahasa inggris, dan surat rekomendasi juga dipertimbangkan,” katanya.

Salah seorang peserta menyampaikan acara ini sangat bagus karena bisa

menambah informasi mengenai beasiswa keluar negeri, khususnya ke Korea Selatan. “Rencananya saya akan mendaftar beasiswa ini dan semoga bisa diterima,” katanya.

 

Sumber :

https://jeffmatsuda.com/