Anatomi Kelenjar Ludah

Anatomi Kelenjar Ludah

Anatomi Kelenjar Ludah

Anatomi Kelenjar Ludah

  1. Ukuran

Terdapat perbedaan ukuran yang besar antara kelenjar utama seperti kelenjar parotid, kelenjar submandibular, dan kelenjar submandibular dengan kelenjar minor yang menyebar di hampir di seluruh bagian oral mukosa.


  1. Sifat dari sekresi

Perbedaan antara kelenjar yang memproduksi sekresi serosa (berair, tipis, kaya akan non enzimatik dan enzimatik protein dan mengandung sedikit polysakarida), sekeresi mukosa (tebal, kaya akan polisakarida dan mengandung sedikit non enzimatik protein), dan kelenjar yang memproduksi sekresi campuran.


Pengertian Kelenjar Ludah (Saliva)

Kelenjar saliva adalah kelenjar sekretori yang memiliki duktus untuk mengeluarkan sekresinya ke rongga mulut. Produksi saliva pada orang dewasa sehat lebih kurang 1,5 liter/24 jam. Proses sekresinya dikendalikan oleh sistem persyarafan à reseptor kolinergik.


Berdasarkan ukurannya kelenjar saliva terdiri dari 2 jenis, yaitu kelenjar saliva mayor dan kelenjar saliva minor. Kelenjar saliva mayor terdiri dari kelenjar parotis, kelenjar submandibularis, dan kelenjar sublingualis (Dawes, 2008; Roth and Calmes, 1981).


Sumber: https://ciso.co.id/helicopter-sim-pro-apk/